Anda atau mungkin banyak di antara pengguna kendaraan roda 4 (empat) yang tidak tau bagaimana cara merawat,memilih,dan merek understeel(kaki-kaki mobil) dan suspensi apa yang akan dipilih untuk penggantian. Atau bahkan pengguna mobil tersebut acuh terhadap peran penting bagian tersebut.
Tanpa disadari mobil anda terasa sangan tidak nyaman,bantingan keras, mobil oleng atau limbung di kecepatan tinggi,atau bahkan terdengar bunyi-bunyi asing yang sangat mengganggu.Jangan biarkan hal ini terjadi pada mobil anda !!!.
Dibawah ini saya jelaskan sedikit tentang bagian-bagian understeel dan suspensi mobil,cara merawat,masalah-masalah yang sering terjadi,dan tips memilih suspensi yang baik.
- Bagian-bagian Suspensi mobil.
* Suport
* Per/Coil Spring
* Shock Absorber/Shock breaker
* Stoper Damper
- Bagian Understeel mobil.
* Swing ARM
* Boll Joint
* Tie Rod
* Rack And
* Stabiliser
- Cara merawat understeel dan suspensi mobil.
* Priksa secara berkala bagian-bagian understeel dan suspensi.
* Pastikan anda melakukan pencucian di bagian bawah mobil, terutama di bagian suspensi dari pasir atau kotoran, terutama pada saat musim hujan.
* Pastikan bagian yang berbahan karet bebas dari oli,segera bersihkan apabila ada,karena sifat oli akan merusak struktur karet.
* Lakukan STEEM pada bagian yang terdapat pen dof(boll joint,tie rod) dengan greas/gemuk.hal ini akan memperpanjang umur bagian tersebut.
* Pastikan Shock breaker dalam keadaan baik. bila terjadi kebocoran yang ditandai keluarnya oli,segeralah lakukan penggantian.Adapun pabrikan mobil biasanya merekomendasikan penggantian shock breaker setiap 45.000 km - 50.000 km.
* Pastikan Tutup debu shoch breaker dalam keadaan baik,bagian ini sangat penting untuk mencegah masuknya krikil atau pasir yang bisa merusak seal shock breaker sehingga akan terjadi kebocoran.
* Pastikan Stoper Damper yang terletak di tengah AS shock breaker dalam keadaan baik.bagian ini jga sangat penting.
* Pastikan Per/Coil Spring duduk pada posisinya yang tepat.
* Jangan memasukkan selang pada Per/Coil Spring karena dapat menyebabkan karat yang bisa terjadi patahnya Per/Coil Spring.
- Tips memilih Suspensi yang baik.
* Bastikan Anda membeli shock breaker yang asli, karena banyak shoch breaker di pasaran yang palsu atau Rebilan.
* Cara yang paling mudah membedakan shock breaker asli dan yang palsu adalah, gores sedikit pada CATnya.bila susah mengelupas,kemungkinan besar adalah yang Asli,dan apabila gampang tergores, maka anda wajib meragukan keasliannya.
* Untuk memilih merek,merek yang paling bagus adalah merek pabrikan atau genuin part. dan jika anda terpaksa membeli merek lain,pastikan sesuai dengan kebutuhan anda (medan yang sering di lalui,beban yang sering dimuat).
* Jika medan jalan yang sering anda lalui adalah medan berat,berarti anda harus memilih shock breaker yang tekanan gasnya lebih besar.
* Jika anda ingin membuat Ceper mobil,hindari ceper dengan melakukan pemotongan pada Per/Coil Spring nya.karena hal ini akan menyebabkan kerusakan pada shock breker, atau bahkan baningan mobil akan terasa sangat keras.
* Gunakan Low Ring/per ceper untuk mobil ceper.
- Masalah - masalah yang sering terjadi.
* Bantingan keras = kemungkinan shock breker bocor,shock breker macet,per patah.
* Terdengar bunyi-bunyi asing=kemungkinan terjadi karena ada bagian yang longgar,atau terjadi kerusakan shock breaker dan understelnya.
* Ban habis tidak rata/habis sebelah=kemungkinan per patah/melesat dari dudukannya,shock breaker rusak.
* Mobil limbung/oleng pada kecepatan tinggi=shock breaker rusak, lakukan sporing dan balancing.
Demikian tips dari saya,semoga bisa sedikit menjawab masalah suspensi pada mobil anda. dan ingat, selalu taati peraturan lalu lintas dan gunakan sabuk keslamatan anda.terimakasih.
Indra Purnama
Kamis, 04 Februari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Mobil Innova G tahun 2008, keluhan awal ban mobil depan dua-duanya habis tidak rata (habis yang sebelah kiri). Saya bawa ke bengkel understeel dilakukan spooring karena kemiringan pemasangan melebihi batas maksimum. Setelah di spooring perasaan mobil jadi tidak stabil di jalan bergelombang dan suspensi bunyi gludug-gludug.
BalasHapusApa yang mesti dilakukan?
Terima kasih
Haya sekedar nimrung.
HapusJika ban kemakan yang dalam,mungkin ada masalah/lemah di bagian balljoin/bushing arm bawah
Jika yang kemakan bagian luar ban(jarang terjadi) kemungkinan balljoin/lower arm bagian atas bermasalah
Tapi jika ban benjol benjol,kemungkinan besar itu sokbeeker bermasalah.
Untuk masalah bunyi saat jalan berlubang,itu bisa di pastikan jika hal yang tiga macem di atas.bisa dikatakan pasti bakalan bunyi.umtuk lebih jelah klik http://www.ypsbengkelpuka.com
Salam sukses biat
Under steel
Mau tanya nih gan, mobil innova thn 2006 diesel.sockbreker aaya ganti merk amada type oil. Depan belakang. Masalah ny mobil jadi keras, apalagi klu lewat gundukan, terasa sekali.ada kah solusi ny. Thk sebelum ny
BalasHapustinggal pasang aja damper peredam pada per depan blakang,,,dijamin mobil akan terasa nyaman walau dijalan berlubang skalipun..
HapusHUB ALBERT 081280892202
tinggal pasang aja damper peredam pada per depan blakang,,,dijamin mobil akan terasa nyaman walau dijalan berlubang skalipun..
HapusHUB ALBERT 081280892202
Mau tanya nih gan, mobil innova thn 2006 diesel.sockbreker aaya ganti merk amada type oil. Depan belakang. Masalah ny mobil jadi keras, apalagi klu lewat gundukan, terasa sekali.ada kah solusi ny. Thk sebelum ny
BalasHapuskalo menurut pengalaman saya, type gas lebih empuk untuk di pakai harian .. kalo masih kurang empuk coba menggunakan per copotan mobil lain yang lebih empuk ..
BalasHapuskalo menurut pengalaman saya, type gas lebih empuk untuk di pakai harian .. kalo masih kurang empuk coba menggunakan per copotan mobil lain yang lebih empuk ..
BalasHapusNGGK usah bingung2 klau untuk msalah per mobil,,
BalasHapuskami solusinya
menjual PEREDAM GUNCANGAN MOBIL
Dijamin memuaskan..
KAMI BERI GARANSI 1 TAHUN
HUB ALBERT 081280892202
mau tanya nih gan, saya menggunakan mobil innova G 2008 dan menggunakan ban GT Radial Savero A/T Plus ukuran 205/70R15 tapi kok terasa ban keras bantingan keras ketika melewati jalan berlubang dan mobil limbung ketika kecepatan tinggi padahal per dan shock sudah ganti baru bawaan pabrik...mohon solusinya gan?? apakah hal tersebut karena pengaruh ban yang keras atau karena suspensi???Makasih
BalasHapus